• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (78) Internasional (186) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (271) Politik (61)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Babinsa Koramil 02/Samalanga Dampingi Petani Dalam Menjemur Padi Pasca Panen Padi

    Jumat, 19 Juli 2024, Juli 19, 2024 WIB Last Updated 2024-07-20T04:47:05Z


    Elitnesia.id|Bireuen - Babinsa Koramil 02/Samalanga Kodim 0111/Bireuen Kopka Romadon membantu warga binaan jemur padi didesa binaan dalam rangka memperkuat ketahanan pangan bertempat di Desa Lhokseumira Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Sabtu (20/07/2024). 


    Dengan selesainya masa panen padi Babinsa turut merasakan kegembiraan dan juga merasa bangga sehingga menyempatkan diri  untuk Bersama-sama warga binaan menjemur padi, Pendampingan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan program pemerintah dalam mewujudkan Swasembada Pangan Nasional khususnya di wilayah Kecamatan Samalanga.


    Kopka Romadon mengatakan, Pengeringan gabah dapat dilakukan secara tradisional menggunakan tenaga matahari (penjemuran) atau dengan meng¬gu¬nakan alat/mesin pengering buatan. Namun proses pengeringan dengan suhu yang terlalu tinggi atau kondisi panas yang tidak kontinyu akan menyebabkan kadar beras pecah menjadi tinggi.


    Ia juga mengatakan, untuk mendapatkan padi yang kering dengan baik, maka berikut adalah cara mengeringkan padi yang baik dan benar diantaranya adalah dengan cara menjemur padi diterik matahari, angin-anginkan Padi/Gabah, jemur padi dilantai semen dan mengeringkan dengan menggunakan mesin. Ungkapnya.


    Lanjutnya, adapun tujuan Gabah/Padi dijemur adalah untuk mengalami proses pengeringan, yaitu menurunkan kadar air gabah hingga titik siap giling, sekitar 14%, tutup Kopka Romadon.


    Sumber/editor : Ipul pedank laut 

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini