• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (78) Internasional (186) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (271) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Gelar Malam Seni Budaya Desa Geulanggang Gampong Berhasil Menghipnotis Ribuan Pengunjung

    Jumat, 06 September 2024, September 06, 2024 WIB Last Updated 2024-09-06T18:24:35Z

     

    Penampilan Sanggar Kurma Muda Dari Gampong Blang Tingkeuem di Malam Seni Budaya Desa Geulanggang Gampong. (Sumber foto : Rasyidin Wig Maroe)


    Elitnesia.id|Bireuen,- Ribuan masyarakat memadati Taman Wisata Bukit Cinta Santewan Indah yang terletak di Desa Wisata Geulanggang Gampong Kota Juang Bireuen dalam gelaran "Malam Seni Budaya Desa Geulanggang Gampong" pada Minggu malam, (1/9/2024).


    Adapun yang tampil pada event tersebut diantaranya Sanggar Kurma Muda dari Gampong Blang Tingkeuem , Backkaru Institute dari Gampong Geulanggang Gampong, dan Sanggar Meuligoe Raja dari Gampong Meunasah Capa yang merupakan juara 1 di Festival Rapai Bireuen 2024, serta Andie Seuramoe Reggae dan Rasyidin Wig Maroe Dosen Teater ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) Aceh yang sedang menempuh pendidikan Doktor di ISI Solo. 

    Penampilan Andie Seuramoe Reggae pada Malam Seni Budaya Desa Di Taman Wisata Bukit Cinta Santewan Indah Desa Wisata Geulanggang Gampong Kota Juang Bireuen. (Sumber : Kepemudaan)


    Gelaran acara ini termasuk dalam rangkaian puncak peringatan 17 Agustusan yang di adakan oleh Pemerintah Gampong (Desa) yang dimotori oleh Pemuda Desa dengan agenda puncaknya yaitu Gerak Jalan Santai dan di tutup dengan Malam Seni Budaya Desa Geulanggang Gampong


    Tim Backkaru Institute yang diwakili oleh Syafri Musica/Cello sebagai salah satu anggota pengkarya musik dan desain panggung mengatakan bahwa "sebagaimana kita ketahui bersama bahwa masyarakat kita butuh relaksasi hiburan rakyat yang mudah di akses untuk masyarakat yang bebas biaya tiket masuk dan memadai di kantong masyarakat, semoga ini menjadi titik awal kebangkitan seni dan budaya di Desa Geulanggang Gampong terkhusus hiburan rakyat".


    Ketua Pemuda, Masykur ST.mengatakan, sebelumnya acara ini merupakan acara kecil-kecilan untuk hiburan rakyat namun berkat dukungan dan kerjasama Pemuda Desa Geulanggang Gampong serta dari berbagai pihak termasuk seluruh Perangkat Desa Geulanggang Gampong yang sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini, dan Alhamdulillah acara ini sukses terlaksana dengan baik.

    Masyarakat Memadati Lokasi Malam Seni Budaya Desa Geulanggang Gampong (Sumber : Kepemudaan)


    "Ini merupakan diluar ekspetasi kami, dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan memadati lokasi acara serta pedagang yang memenuhi bahu jalan dari ujung ke ujung". 


    Ini membuktikan bahwa masyarakat desa terkhususnya masyarakat Bireuen haus akan hiburan yang selama ini hampa. Serta apresiasi dari masyarakat terhadap seni budaya tradisi Aceh.


    "Kegiatan ini kami gelar untuk hiburan rakyat dilokasi objek wisata ini untuk memperkenalkan seni budaya yang ada di gampong kami, untuk menjadi inspirasi kepada gampong lain. Ini baru pertama kami lakukan dan nanti bisa menjadi agenda rutin dalam pelestarian budaya di gampong,” sebutnya T. Saifunna selaku keuchik Geulanggang Gampong.



    Sumber : AlanKiteng/ syeh

    Redaksi : Ipul pedank laut 

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini