• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (78) Internasional (186) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (271) Politik (63)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Jaksa Ajukan Kasasi Terhadap Putusan Bebas Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur

    26 September 2024, 15:14 WIB Last Updated 2024-09-26T08:14:20Z


    Elitnesia.id|Bireuen,- Kamis 26 September 2024, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejari Bireuen melakukan upaya hukum kasasi terhadap putusan bebas terdakwa pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang terjadi di Desa Ara Bungong Kec. Peudada Kab. Bireuen.


    Terdakwa inisial MBY (76 tahun) diputus bebas berdasarkan Putusan Mahkamah Syar'iyah Bireuen nomor : 3/JN/MS/2024/MS.Bir yang diucapkan oleh Hakim di muka sidang Mahkamah Syar'iyah Bireuen pada tanggal 24 September 2024.


    JPU Kejari Bireuen baru menerima salinan putusan perkara tersebut pada hari Kamis 26 September 2024.


    Setelah menerima salinan putusan bebas tersebut JPU langsung menyatakan melakukan upaya hukum kasasi ke Mahkamah Agung.


    Terdakwa MBY dituntut oleh JPU Kejari Bireuen karena telah melakukan pelecehan seksual terhadap anak perempuan di bawah umur inisial Sf (15 Tahun) sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 47 Jo Pasal 1 angka 27 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat.


    Kejadian pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang dilakukan terdakwa MBY terjadi pada tanggal 16 April 2024 sekira pukul 14.00 WIB, bertempat di dalam kamar rumah terdakwa yang terletak di Desa Ara Bungong Kec. Peudada Kab. Bireuen, terdakwa menyuruh korban masuk ke dalam rumah terdakwa lalu terdakwa memberikan handphone milik terdakwa kepada korban untuk bermain, selanjutnya korban diajak oleh terdakwa masuk ke dalam kamar tidur terdakwa lalu terdakwa membuka rok dan celana dalam yang dikenakan korban lalu terdakwa memasukkan jari tangannya ke dalam kemaluan/vagina korban sehingga mengakibatkan selaput dara korban robek arah pukul 2,5 dan pukul 8 dengan kesimpulan selaput dara tidak utuh sebagaimana hasil Visum Et Repertum yang dikeluarkan oleh RSUD dr. Fauziah Kab. Bireuen.


    Bahwa pelecehan seksual yang dilakukan terdakwa terhadap korban telah dilakukan sebanyak 3 kali diantaranya 2 kali di lakukan di rumah terdakwa dan 1 kali di gubuk pada sebuah kebun, pada waktu yang berbeda-beda.


    Korban merupakan anak dengan keterbelakangan mental (borderline devective)/ IQ rendah sebagaimana hasil keterangan pemeriksaan psikologi yang dikeluarkan oleh RSUD dr. Fauziah Kab. Bireuen.


    Sumber : Siaran pers Kejari Bireuen

    Redaksi : Ipul pedank laut

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini