• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (79) Internasional (186) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (275) Politik (65)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    DPMG PKB Bireuen Tinjau Perkembangan Bumdesa di Gandapura

    18 Oktober 2024, 09:37 WIB Last Updated 2024-10-18T02:37:21Z

     


    Elitnesia.id| Bireuen,- Tim Bidang Ekonomi Sosial Budaya Masyarakat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Bireuen melakukan kunjungan kerja ke beberapa desa di Kecamatan Gandapura pada Kamis (17/10/24) untuk meninjau perkembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa).


    Rombongan yang turut didampingi oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Bireuen Kementerian Desa, mengunjungi Gampong Lapang Timu dan Lingka Kuta. Kehadiran mereka bertujuan untuk memonitor dan mengevaluasi pembinaan keuangan serta kemajuan Bumdesa di kedua desa tersebut.


    Amirullah, SE, Koordinator Bidang Ekonomi Sosial Budaya Masyarakat DPMG PKB Bireuen, menyampaikan bahwa perkembangan Bumdesa di dua desa tersebut sudah cukup baik. "Desa Lingka Kuta bergerak di bidang wisata dengan Bumdesa bernama Pintu Laot. Laporan keuangan sudah baik, dan setelah aplikasi pelaporan Bumdesa aktif, kami akan melakukan evaluasi kembali untuk memastikan pelaporan bisa dilakukan langsung melalui aplikasi," ujarnya.


    Sementara itu, Keuchik Lapang Timu, Muhammad Junaidi, yang didampingi oleh Pendamping Lokal Desa, Muntasir, ST, menjelaskan bahwa Bumdesa mereka, Sepakat Jaya, bergerak di bidang penyewaan rumah. “Kami memiliki lima unit rumah yang disewakan, dan pada tahun 2024 ini pendapatan sudah mencapai sekitar Rp 40 juta. Saat ini, Bumdesa sedang dalam proses restrukturisasi kepengurusan," kata Muhammad Junaidi.


    Kunjungan Monev (monitoring dan evaluasi) ini dihadiri oleh sejumlah pihak, termasuk Amirullah SE beserta staf DPMG PKB Bireuen, Zulfikar SE selaku TAPM Kementerian Desa Kabupaten Bireuen, Pendamping Desa Gandapura, dan pengurus Bumdesa di kedua desa tersebut.


    TAPM Zulfikar, SE menambahkan, "Jika Bumdesa sudah berkembang dengan baik dan memiliki produk unggulan, kita akan daftarkan ke dalam katalog Kementerian Desa untuk dipromosikan lebih lanjut."


    Sumber : Amat Asah Parang 

    Redaksi : Ipul pedank laut 

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini